Mutasi Gen

Artikel, Mutasi Gen, Mutasi Gen Adalah, Jenis Mutasi Gen, Penyebab Mutasi Gen, Pengaruh Mutasi Gen


Mutasi Gen - Mutasi Gen Adalah - Jenis Mutasi Gen - Penyebab Mutasi Gen - Pengaruh Mutasi Gen I www.ProfesionalMassage.com


ProfesionalMassage.com - Mutasi gen adalah perubahan pada urutan DNA atau urutan basa yang terjadi secara acak atau spontan dalam genom organisme. Mutasi gen dapat terjadi baik pada individu tunggal atau dalam sejumlah besar individu dalam suatu populasi.

Beberapa jenis mutasi gen meliputi:

Substitusi: Ketika satu basa DNA digantikan oleh basa lain. Substitusi ini dapat terjadi pada satu basa tunggal (misalnya, A digantikan oleh T) atau dalam jumlah yang lebih besar dalam urutan basa DNA.

Delesi: Ketika satu atau beberapa basa DNA dihapus dari urutan basa DNA. Delesi dapat menyebabkan pergeseran bacaan, di mana urutan basa yang tersisa diwariskan berbeda dari yang diharapkan.

Insersi: Ketika satu atau beberapa basa DNA ditambahkan ke urutan basa DNA. Insersi juga dapat menyebabkan pergeseran bacaan dan perubahan pada urutan basa yang diwariskan.

Duplikasi: Ketika suatu segmen DNA di dalam genom direplikasi dan menyebabkan keberadaan multiple kopi segmen tersebut.

Inversi: Ketika suatu segmen DNA diputar 180 derajat dalam urutan basa DNA.

Translokasi: Ketika segmen DNA memutuskan dan bergabung dengan kromosom lain dalam genom.

Mutasi gen dapat terjadi secara alami atau dapat diinduksi oleh faktor lingkungan seperti paparan radiasi, bahan kimia berbahaya, atau kesalahan replikasi DNA saat pembelahan sel. 

Mutasi gen dapat menyebabkan perubahan pada sifat-sifat individu, baik berupa keuntungan atau kerugian dalam hal adaptasi terhadap lingkungan.

Ini dapat diwariskan secara genetik ke generasi berikutnya dan menjadi bagian dari keragaman genetik dalam populasi. Mutasi gen juga dapat menjadi dasar bagi evolusi, dengan perubahan yang menguntungkan yang dapat bertahan dan berkembang dalam populasi seiring waktu.

POSTINGAN POPULER

LIGHT MASSAGE 90 MENIT AREA JABODETABEK

Progestin (Progesteron Sintetis)

LIGHT MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 120 MENIT AREA JABODETABEK

Ovarium Polikistik

8 Alasan Kenapa Anda Perlu Dipijat

Terapi Lintah Wu Wei

BODY MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

TERAPI LINTAH WU WEI AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 150 MENIT AREA JABODETABEK