Amenore (Amenorrhea)

Artikel, Amenore, Amenore Adalah, Jenis Amenore, Penyebab Amenore, Perawatan Amenore


Amenore - Amenore Adalah - Jenis Amenore - Penyebab Amenore - Perawatan Amenore I www.ProfesionalMassage.com


ProfesionalMassage.com - Amenore atau amenorrhea adalah kondisi di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama beberapa siklus menstruasi berturut-turut. Amenore dapat terjadi pada wanita yang belum pernah mengalami menstruasi sepanjang hidupnya (amenore primer) atau pada wanita yang sebelumnya memiliki siklus menstruasi yang normal namun kemudian berhenti menstruasi (amenore sekunder).

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan amenore. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan amenore antara lain:

  1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS): Kondisi ini terjadi ketika indung telur menghasilkan hormon pria yang berlebihan, mengganggu produksi hormon yang menginduksi ovulasi dan menstruasi.
  2. Gangguan hormonal: Gangguan pada kelenjar hipotalamus atau hipofisis di otak dapat mengganggu produksi hormon yang diperlukan untuk menstruasi.
  3. Kelainan struktural pada organ reproduksi: Misalnya, malformasi bawaan pada rahim, atau adanya sumbatan pada saluran tuba fallopi.
  4. Stres fisik dan emosional yang berat: Stres kronis dapat mempengaruhi produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi.
  5. Gangguan makan: Kurang gizi atau gangguan pola makan seperti anoreksia atau bulimia dapat menyebabkan amenore.
  6. Kelebihan berat badan atau obesitas: Kedua kondisi ini dapat mengganggu hormon dan siklus menstruasi.

Untuk menentukan penyebab amenore, dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar hormon yang terkait dengan menstruasi. Pemeriksaan fisik, riwayat medis, dan tes pencitraan seperti USG juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi kondisi organ reproduksi.

Perawatan untuk amenore tergantung pada penyebabnya. Jika kondisi medis yang mendasarinya dapat diidentifikasi, dokter akan merujuk ke spesialis (misalnya, endokrinologi atau ginekologi) untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Terapi hormon atau operasi mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah yang mendasarinya.

Sebaiknya jika Anda mengalami amenore, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat.

POSTINGAN POPULER

LIGHT MASSAGE 90 MENIT AREA JABODETABEK

Progestin (Progesteron Sintetis)

LIGHT MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 120 MENIT AREA JABODETABEK

Ovarium Polikistik

8 Alasan Kenapa Anda Perlu Dipijat

Terapi Lintah Wu Wei

BODY MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

TERAPI LINTAH WU WEI AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 150 MENIT AREA JABODETABEK