Pertussis

Pertussis, Pertussis Adalah, Gejala Awal Pertussis, Pertussis Pada Bayi, Diagnosa Pertussis, Pencegahan Pertussis


Pertussis - Pertussis Adalah - Gejala Awal Pertussis - Pertussis Pada Bayi - Diagnosa Pertussis - Pencegahan Pertussis I www.ProfesionalMassage.com


ProfesionalMassage.com - Pertussis atau batuk rejan adalah penyakit infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis. Penyakit ini ditandai dengan batuk yang sangat parah dan berkepanjangan, bahkan bisa berlangsung hingga beberapa minggu atau bulan.

Gejala awal pertussis mirip seperti flu biasa, yaitu demam ringan, hidung meler, dan bersin-bersin. Setelah itu, gejala batuk mulai muncul dan akan bertambah parah seiring waktu. Batuk pertussis biasanya terjadi dalam serangan-serangan dan diikuti oleh fase recovery atau pemulihan. Serangan batuk dapat sangat parah, menyebabkan kesulitan bernapas, mual, muntah, dan bahkan menceritai keluar ingus atau darah.

Pertussis dapat sangat berbahaya terutama pada bayi di bawah usia satu tahun. Bayi yang terinfeksi pertussis memiliki risiko komplikasi serius, seperti pneumonia, kejang, atau gangguan pernapasan yang mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi pertussis agar dapat melindungi dirinya dan bayinya.

Diagnosis pertussis biasanya didasarkan pada gejala, riwayat vaksinasi, dan tes laboratorium seperti tes serologi atau tes PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi bakteri Bordetella pertussis. Pengobatan pertussis biasanya melibatkan pemberian antibiotik seperti azitromisin atau eritromisin untuk mengurangi durasi dan keparahan batuk, serta mencegah penyebaran infeksi.

Untuk mencegah pertussis, vaksinasi rutin diberikan pada masa kanak-kanak dengan vaksin DTaP (difteri, tetanus, dan pertussis). Vaksinasi ulang atau booster juga diberikan pada masa remaja dan dewasa dengan vaksin Tdap. Beberapa langkah pencegahan lainnya termasuk rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari kontak dengan orang yang sedang batuk atau pilek.

Pertussis adalah penyakit yang sangat menular, oleh karena itu penting untuk mengenali gejala dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Orang-orang di sekitar bayi yang belum divaksinasi perlu lebih waspada dan menjaga kebersihan agar tidak menyebabkan penyebaran penyakit ini.

POSTINGAN POPULER

LIGHT MASSAGE 90 MENIT AREA JABODETABEK

Progestin (Progesteron Sintetis)

LIGHT MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 120 MENIT AREA JABODETABEK

Ovarium Polikistik

8 Alasan Kenapa Anda Perlu Dipijat

Terapi Lintah Wu Wei

BODY MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

TERAPI LINTAH WU WEI AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 150 MENIT AREA JABODETABEK