Endarterektomi

Artikel, Endarterektomi, Endarterektomi Adalah, Manfaat Endarterektomi, Prosedur Endarterektomi, Komplikasi Pasca Endarterektomi


Endarterektomi - Endarterektomi Adalah - Manfaat Endarterektomi - Prosedur Endarterektomi - Komplikasi Pasca Endarterektomi I www.ProfesionalMassage.com


ProfesionalMassage.com - Endarterektomi adalah prosedur bedah untuk mengangkat plak atau penumpukan lemak yang menghalangi aliran darah di dalam arteri. Prosedur ini umumnya dilakukan pada arteri koroner (pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung) dan arteri karotis (pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak). Endarterektomi koroner dilakukan untuk memperbaiki aliran darah ke jantung, sementara endarterektomi karotis dilakukan untuk mencegah stroke atau mini stroke (Transient Ischemic Attack/TIA). 

Prosedur endarterektomi melibatkan pembukaan pembuluh darah yang terkena plak, dan membuang plak tersebut. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil pada kulit di daerah arteri yang terkena, dan kemudian memisahkan arteri dari jaringan permukaan. Setelah arteri terbuka, plak diangkat dengan hati-hati menggunakan instrumen bedah. Setelah plak dihapus, arteri dijahit kembali, dan luka dikemas dengan perban. Setelah prosedur, pasien biasanya akan dimonitor untuk komplikasi dan membutuhkan waktu pemulihan yang bervariasi tergantung pada seberapa serius plak dan kondisi umum pasien.

Endarterektomi biasanya dilakukan jika arteri terkena plak yang signifikan dan menyebabkan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, kelemahan pada lengan atau kaki, gangguan bicara, atau sering mengalami stroke berulang. Prosedur ini dapat membantu memperbaiki aliran darah dan mengurangi risiko komplikasi terkait plak arteri.

Namun, seperti semua prosedur bedah, endarterektomi memiliki risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa komplikasi yang mungkin timbul setelah endarterektomi termasuk perdarahan, infeksi, trombosis pembuluh darah baru, atau emboli yang terbentuk selama prosedur. Selain itu, terdapat juga risiko khusus terkait dengan pembukaan arteri koroner atau karotis, seperti emboli udara yang dapat terjadi selama prosedur.

Sebelum menjalani prosedur endarterektomi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang memahami kondisi medis pasien dan membahas risiko, manfaat, dan alternatifnya. Pemantauan dan penanganan pasca prosedur juga akan dilakukan untuk memastikan pemulihan yang optimal.

POSTINGAN POPULER

LIGHT MASSAGE 90 MENIT AREA JABODETABEK

Progestin (Progesteron Sintetis)

LIGHT MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 120 MENIT AREA JABODETABEK

Ovarium Polikistik

8 Alasan Kenapa Anda Perlu Dipijat

Terapi Lintah Wu Wei

BODY MASSAGE 180 MENIT AREA JABODETABEK

TERAPI LINTAH WU WEI AREA JABODETABEK

LIGHT MASSAGE 150 MENIT AREA JABODETABEK